Business

Sayembara Yayasan ‘Design Competition of Entrance & Centre for Student Activities’

Sudah lama Kolese Loyola merencanakan pengembangan kampus di Jalan Karanganyar 37 ini. Sejak awal 1990an sudah dicanangkanGrand Design yang akan direalisasikan setahap demi setahap. Kini sudah bisa dikatakan 70% selesai. Ketika Grand Design itu mau diselesaikan muncul masalah bahwa ternyata gedung-gedung yang menjadi cikal bakal Loyola akan ikut hilang juga. Hal ini memunculkan pemikiran bahwa penyempurnaan kompleks Loyola hendaknya dicapai tanpa menghilangkan akar sejarahnya.

Melihat kenyataan bahwa lahan yang tersedia memang terbatas, maka dimunculkan usulan bahwa sebaiknya Grand Design semula diubah sedikit dengan menyesuaikan keterbatasan lahan ini sambil mempertahankan situs terpenting yang merupakan awal berdirinya Kolese Loyola. Maka diputuskan bahwa yang akan dilakukan adalah membuat penampakan depan SMA Loyola sebagai wajah dengan mempertahankan Jalan Karanganyar sebagai jalan masuk utama. Dilihat dari konstruksi gedung, maka pintu masuk paling Timur yang nantinya akan menjadi pintu utama dengan kelengkapan lobby dan ruang tamunya.

Kebutuhan lain yang masih harus dipenuhi akan dicoba direalisasikan dengan mengubah PlasLoyola sebagai “centre of student activities” yang meliputi Perpustakaan dengan IT yang up to date, Ruang baca dan Diskusi, Ruang Kegiatan, Lounge KEKL, Kantin Kecil, di lantai atas yang memiliki akses pemandangan ke seluruh kampus. PlasLoyola ini nantinya akan menyatu dengan kompleks Kanisius yang akan dilestarikan sebagai museum di sebelah kanan, Kapel Loyola sebelah kiri dan Pasturan di belakangnya.  Di depan perpustakaan danruang-ruang kegiatan berdiri Patung Loyola sebagai ikon Kolese dan di belakang patung  berdiri “Wall of Fame” untuk para alumni yang berjasa.  

Dengan demikian yang akan kita harapkan perubahannya adalah wajah Loyola yang memiliki entrance utama beserta dengan lobby danruang tamunya, kemudian membongkar perpustakaan yang kini ada menyatu dengan PlasLoyola untuk dijadikan pusat kegiatan dan sosialisasi siswa-siswi Kolese Loyola.

Kami mengajak seluruh stake holder, terutama alumni Kolese Loyola untuk terlibat dalam upaya penyempurnaan kampus Loyola ini. Langkah pertama kami adalah mempersilahkan para alumni yang mempunyai keahlian di bidang arsitektur untuk merencanakan ini semua dan proses selanjutnya mengajak seluruh stake holder merealisasikan adanya kampus belajar yang siap menyambut tantangan jaman untuk melangkah ke depan.

Diharapkan kesemuanya ini akan menjadi sarana untuk mewujudkan cinta almamater dengan segala partisipasinya. AMDG.

Y. Rudiyanto SJ.
-Ketua Yayasan SMA Kolese Loyola Semarang-

Kerangka Acuan Kerja (KAK) ini memaparkan peraturan yang mengikat pihak pelaksana dan peserta DESIGN COMPETITION OF ENTRANCE AND CENTRE FOR STUDENT ACTIVITIES SMA KOLESE LOYOLA SEMARANG. Peraturan tersebut telah mengikuti peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan penyediaan bangunan gedung, dan telah diselaraskan dengan buku Pedoman Penyelenggaraan Sayembara terbitan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI).

Penyelenggaraan sayembara ini dikelola oleh SMA Kolese Loyola bekerjasama dengan KEKL selaku Panitia Pelaksana Penyelenggaraan Sayembara.

Terimakasih
-Adm KEKL-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.